Rabu, 04 November 2009

Having a Divorced Parents


Menghadapi perceraian orang tua, apapun penyebabnya, nggak pernah mudah. But if you look hard enough, ada juga kok hal-hal baik yang bisa dipetik.

Lose Some :

Divorce hurts! Keluarga yang tadinya utuh, tiba-tiba harus terpecah. Belum lagi adanya dorongan otomatis harus memilih salah satu orang tua untuk lebih ‘dibela’. Ini berat banget, dan bias bikin stress luar biasa.

Hidup terasa suram terutama di awal-awal perceraian orang tua. Belajar jadi nggak konsen, jalan sama teman-teman tapi tetap berasa sendirian. Sepertinya Dementor baru aja menyedot habis semua kebahagiaan di sekitar kita.

Kadang menyalahkan diri sendiri. Ingat lho, orang tua tetap manusia biasa dan mereka tidak sempurna! Mereka juga bikin kesalahan, dan perceraian itu tanggung jawab mereka sendiri, bukan kamu.

Saat salah satu orang tua ‘keluar dari rumah’, ototmatis ekonomi keluarga jadi pincang. Akan banyak dilakukan penghematan di sana-sini.

Bahkan setelah bertahun-tahun orang tua bercerai, akan selalu ada momen dimana kamu kangen mempunyai keluarga yang utuh. Misalnya saat hari besar keagamaan atau hari-hari penting lainnya seperti ulang tahun atau wisuda.

Get Some :

Setelah orang tua bercerai biasanya suasana rumah jadi lebih tenang, ngak ada lagi yang rebut berantem dan bikin jantung deg-degan.

Jadi lebih hati-hati dalam setiap relationship dan bias banyak belajar, supaya perceraian nggak terulang pada rumah tanga kamu kelak.

Broken home kid biasanya lebih tegar dalam menghadapi masalah. Mereka juga lebih dewasa dan mandiri (walau nggak semua). Kualitas diri semacam ini bisa jadi modal menantang kehidupan yang keras.

In a good way, perceraian malah kadang bikin kita lebih dekat sama salah satu atau kedua orang tua! Keberadaan mama papa pun jadi terasa lebih berharga.

Getting through the rain together, kamu jadi mempunyai hubungan yang lebih erat sama kakak/adik.

Keluarga besar akan ikut gotong-royong memnberi perhatian. Jangan heran kalau tante datang Cuma buat nganterin atau pakde ikut prihatin sama nilai ulangannmu yang jeblok. That’s how they show their love and support. Be grateful!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar