Jumat, 09 April 2010

Animals (Part 1)

Judul Tulisan : Hak 'Mereka' Untuk Hidup
Hampir semua dari kita hidup dengan memakan daging, memakai kulit binatang, pergi ke sirkus dan kebun binatang. Banyak dari kita membeli hewan peliharaan tercinta di toko-toko hewan peliharaan, kita juga memakai wol dan sutera, makan burger daging, dan memancing. Merusak habitat untuk pembangunan tanpa memperdulikan keberadaan mereka. Untuk alasan apapun, Anda sekarang mengajukan pertanyaan:
Mengapa hewan memiliki hak?
Orang sering bertanya apakah hewan harus memiliki hak, dan cukup sederhana, jawabannya adalah "Ya". Hewan pantas untuk menjalani kehidupan mereka, terbebas dari penderitaan, rasa sakit, dan eksploitasi. Timbul juga beberapa pertanyaan, salah satunya apakah binatang dapat merasakan penderitaan? Semua binatang memiliki kemampuan untuk menderita dengan cara yang sama dan tingkat yang sama seperti manusia. Mereka merasa sakit, senang, takut, frustrasi, kesepian, dan perasaan cinta seorang ibu. Setiap kali kita akan melakukan sesuatu yang mengganggu kebutuhan mereka, kita secara moral wajib untuk membawa mereka ke dalam pertimbangan.
Apa yang mereka rasakan, juga sama seperti yang kita rasakan apabila kita berada di posisi mereka. Perasaan takut saat mereka melihat sesamanya dibunuh, perasaan sedih saat terpisah dari keluarga dan kelompoknya, perasaan sendiri saat terkurung. Tidakkah kita menyadari sebagai makhluk tuhan paling sempurna, sudah seharusnya kita menjaga dan memperlakukan mereka lebih baik.
Tidak hanya kita sebagai manusia yang diberi perasaan, mereka juga. Kita bisa lebih menghargai keberadaan mereka, memberi rasa cinta dan kepedulian untuk mereka, melindungi, dan memberi keseimbangan hidup untuk mereka.
Pendukung hak-hak hewan percaya bahwa hewan memiliki nilai-nilai yang melekat sepenuhnya terpisah dari kegunaanya bagi manusia. Percaya bahwa setiap makhluk dengan kemauan untuk hidup memiliki hak untuk hidup bebas dari rasa sakit dan penderitaan. Hak hewan bukan hanya filsafat, salah satu gerakan organisasi PETA adalah gerakan sosial yang menantang pandangan tradisional masyarakat bahwa semua hewan ada bukan hanya untuk digunakan manusia.
Anda tergerak untuk meperdulikan mereka? Sudah selayaknya untuk menggunakan hati nurani, dan hidup berdampingan dengan mereka. Lakukanlah dari hal terkecil, mulailah mencintai hewan peliharaan anda dengan tulus, menghargai keberadaan hewan-hewan liar, dan masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan.
Mereka berhak menjalani kehidupan terbebas dari penderitaan, dan rasa sakit.

Sumber : Peta.org
* Animals Are Not Ours to Eat
* Animals Are Not Ours to Wear
* Animals Are Not Ours to Experiment On
* Animals Are Not Ours to Use for Entertainment
* Animals Are Not Ours to Abuse in Any Way

Tidak ada komentar:

Posting Komentar