Rabu, 25 Januari 2012

PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN MAHASISWA BARU SECARA ONLINE - 3

SPESIFIKASI KEBUTUHAN

3.1 Batasan Masalah

Sistem Registrasi Online ini akan memproses data-data yang dimasukkan oleh masyarakat pengguna yaitu calon mahasiswa yang mendaftar. User atau calon mahasiswa diharuskan melakukan registrasi awal terlebih dahulu yaitu dengan mendfatarkan nama dan alamat email mereka. Setelah itu user akan memperoleh pesan berupa syarat-syarat informasi pendafataran yang dikirimkan ke email yang sudah mereka daftarkan sebelumnya.

User yang sudah menerima email diharapkan untuk melakukan pembayaran formulir melalui transfer ke nomor rekening yang sudah diberitahukan melalui email untuk memperoleh nomor pendaftaran dan dapat mengisi formulir yang akan tersedia di tahap selanjutnya. Setelah melakukan proses pembayaran, calon mahasiswa diharuskan untuk melakukan verifikasi pembayaran dengan cara mengirimkan fax bukti pembayaran kepada pihak Universitas. Untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, calon mahasiswa dapat menunggu maksimal satu minggu untuk dapat memperoleh nomor pendaftaran dan memasukkan data lengkap mereka di formulir pendaftaran yang juga tersedia dalam aplikasi pendaftaran online.

· Input : Sistem berjalan dilihat dari dua segi pengguna yaitu calon mahasiswa dan petugas registrasi.

- Calon mahasiswa yang telah memperoleh akses untuk melakukan registrasi ke tahap selanjutnya dapat langsung mengisi data-data mereka secara lengkap dan memilih jurusan yang tersedia di Universitas Indraprasta, masing-masing calon mahasiswa dapat memilih dua pilihan jurusan. Setelah mengisi data-data dan melakukan pilihan jurusan, calon mahasiswa akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu pemilihan waktu ujian seleksi calon mahasiswa.

- Petugas registrasi akan melakukan pembaruan data mengenai informasi ujian seleksi masuk, dilihat dari kapasitas yang tersedia apabila sudah terpenuhi, maka petugas registrasi akan memasukkan jadwal ujian seleksi masuk yang baru. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kelebihan peserta yang akan melakanakan ujian seleksi masuk pada waktu yang tersedia.

· Proses : Data-data para pendaftar yang telah diinput oleh calon mahasiswa akan diolah oleh sistem registrasi online, sesuai dengan jurusan yang telah dipilih oleh tiap calon mahasiswa dan waktu ujian seleksi mahasiswa. Data-data pendaftar ini akan diproses sesuai dengan nomor pendaftaran mereka, dan seterusnya sistem akan memperbarui nomor pendaftaran secara otomatis agar tidak terjadi redundancy data yaitu adanya kesamaan data nomor pendaftaran. Dalam jangka waktu tertentu, sistem akan memperbarui tanggal ujian seleksi mahasiswa baru, hal ini tergantung dari kapasitas yang tersedia dan juga bagaimana user internal yaitu petugas registrasi mengatur penjadwalan ujian seleksi mahasiswa baru.

· Output : Hasil pengolahan data Sistem Registrasi Online dapat dilihat dari dua segi pengguna, yaitu:

- Dari segi Eksternal User: Calon mahasiswa yang telah mingisi formulir pendaftaran dapat mencetak formulir tersebut sebagai bukti telah melakukan proses pendaftran secara online.

- Dari segi Internal User: Petugas registrasi dapat memperoleh informasi mengenai para pendaftar yang sudah melakukan proses registrasi. Hal ini digunakan untuk mengolah data-data tersebut ke tahap selanjutnya seperti penjadwalan ujian seleksi masuk mahasiswa baru. Jika kapasitas sudah penuh, petugas registrasi akan mencetak daftar-daftar nama calon mahasiswa yang akan melakukan ujian seleksi masuk sesuai dengan waktu yang dipilih.

3.2 Komponen-komponen Kebutuhan Sistem

Komponen-komponen yang sangat berperan dalam menunjang penerapan sistem yang dirancang terhadap pengolahan data. Beberapa komponen yang dibutuhkan sistem unutk dapat beroperasi dengan baik antara lain:

3.2.1 Spesifikasi Hardware

Hardware merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sistem yang diusulkan. Dalam hal ini perincian spesifikasi hardware yaitu:

- PC dengan Prosesor Intel Pentium IV 2.0 GHz

- Hardisk sesuai kebutuhan

- Memori DDR 256 Mb

- Monitor, Mouse dan Keyboard.

3.2.2 Spesifikasi Software

Hardware tidak akan dapat memecahkan suatu masalah tanpa adanya komponen software. Adapun software yang digunakan dalam pembuatan Sistem Registrasi Online ini adalah:

- Windows XP sebagai sistem operasi.

- Apache 2.2.4 sebagai web Server

- PHP 5.2.1 sebagai Web programming

- XAMPP 1.7.3 sebagai server database.

- Notepad++

Tidak ada komentar:

Posting Komentar